Strategi Mendapatkan Nilai SKD Tinggi

Dibuat oleh : Admin ECODU

Diunggah pada : 31 Agustus 2022

image

Salah satu tahapan seleksi sekolah kedinasan merupakan tes SKD.

SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badai Kepegawaian Negara (BKN) dimana standar kelulusannya adalah harus memenuhi nilai ambang batas (passing grade). Lokasi pelaksanaan SKD biasanya di kantor BKN provinsi masing-masing.

SKD meliputi: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).


Tes SKD ini biasanya banyak yang menggugurkan peserta.


Lantas bagaimana cara mendapatkan nilai tinggi SKD? Berikut adalah beberapa tipsnya!

1. Mempelajari Soal SKD Kedinasan dari Tahun Sebelumnya

Tips pertama yang bisa diterapkan adalah rajin mempelajari soal SKD kedinasan. Terdapat banyak sumber belajar yang bisa kamu gunakan, seperti buku cetak, ebook, soal-soal online dari internet, atau dari bimbingan belajar. Mulailah belajar soal SKD dari tahun 2022, kemudian mundur ke tahun sebelumnya. Sebisa mungkin buatlah progress atau kemajuan dari setiap jenis soal yang berhasil kamu kerjakan.


2. Banyak Ikut Try Out Berbasis CAT

Hal ini penting untuk kamu bisa berlatih simulasi tes sesungguhnya, karena dengan berlatih soal-soal berbasis CAT kamu seperti menghadapi tes sesungguhnya.

Persiapkan diri kamu sebaik mungkin dengan berlatih banyak soal SKD. Banyak berlatih mengerjakan soal bisa membuat kamu familiar dengan tipe-tipe soal.


3. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Soal SKD yang cukup banyak wajib dikerjakan peserta dalam waktu tertentu. Jika peserta tidak memiliki manajemen waktu yang baik, akan ada soal-soal yang terlewatkan dan tidak dikerjakan. Hal ini bisa berpengaruh pada skor total SKD, bahkan berpengaruh pada kelulusan passing grade. Manajemen waktu untuk mengerjakan soal SKD sebenarnya bisa dilatih. Sering-seringlah mengerjakan soal SKD mulai dari soal yang mudah hingga soal yang sulit


4. Mengerjakan Soal Termudah

Jika menjumpai soal yang cukup sulit, jangan berlama-lama mencari tahu jawabannya. Ada soal lain yang juga menunggu untuk dikerjakan. Bukan berarti kamu diminta untuk mengabaikan soal tersebut. Kamu hanya perlu menunda pengerjaan soal yang sulit tersebut dengan mengerjakan soal lain yang lebih mudah.

Jangan sampai kamu tidak mengerjakan banyak soal lainnya pada tes SKD karena terlalu lama terpaku pada soal yang sulit.


5. Memiliki Strategi yang Matang

Kamu tidak akan bisa memenangkan suatu perang tanpa memiliki strategi dan persiapan. Persiapan adalah kunci utama agar kamu bisa memenangkan suatu peperangan, termasuk juga dalam mengerjakan Tes SKD Kedinasan. Maka dari itu, tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang selanjutnya adalah mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapinya. Dengan persiapan yang matang, kamu akan menjadi lebih percaya diri untuk mengerjakan soal-soal Tes SKD Kedinasan.


6. Persiapan Fisik dan Mental

Jagalah kebugaran tubuh sebelum pelaksanaan tes SKD tiba. Persiapan belajar keras yang dilakukan peserta bisa menjadi sia-sia jika saat hari H tes justru sakit karena kelelahan. Berolahraga secara ringan namun rutin setiap hari sambil mengonsumsi makanan bergizi sangat penting dilakukan. Dengan demikian, kondisi fisik yang bugar akan menunjang performa kamu saat tes SKD.


Ohiya, untuk kamu yang mau persiapan masuk ke Sekolah Kedinasan 2023, yuk belajar bareng bersama ECODU, cukup bayar mulai dari Rp.200 ribuan, kamu sudah dapat bimbel dengan fasilitas seperti video materi, try out, latihan via google classroom, live sharing session, mastery program, dan akses tanya pengajar.


Sumber gambar: kemenpanrb




.