Pendaftaran SPCP IPDN 2024

Dibuat oleh : Admin ECODU

Diunggah pada : 25 Mei 2024

image

Sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah membuka pendaftaran sejak Rabu, 15 Mei 2024.


Tahun ini, lembaga pendidikan di bawah Kementerian Dalam Negeri tersebut membuka 721 formasi untuk calon Praja IPDN. Untuk mendapatkan calon Praja IPDN yang berkualitas, sekolah kedinasan ini menyaring mereka melalui seleksi data dan ujian.


Dilansir dari situs resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN, berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait pendaftaran sekolah kedinasan IPDN untuk tahun anggaran 2024.


Jadwal pendaftaran IPDN 2024


Berikut jadwal pendaftaran seleksi IPDN 2024:

  • Pendaftaran secara daring: 15 Mei hingga 13 Juni 2024.
  • Verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran: 15 Mei hingga 17 Juni 2024.
  • Pengumuman verifikasi dokumen persyaratan administrasi: 19 Juni 2024.
  • Pembayaran PNBP Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai kode billing: 27 Juni hingga 5 Juli 2024.
  • Cetak kartu di akun masing-masing: Juli 2024.
  • Pengumuman daftar peserta SKD: Juli 2024.
  • Pelaksanaan SKD: Juli hingga Agustus 2024.
  • Pengumuman hasil SKD: Agustus 2024.
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan Tahap I: Agustus 2024.
  • Pengumuman hasil Tes Kesehatan Tahap I: Agustus 2024.
  • Pelaksanaan Tes Psikologi, Integritas, dan Kejujuran: Agustus 2024.
  • Pengumuman hasil Tes Psikologi, Integritas, dan Kejujuran: Agustus 2024.
  • Verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi: Agustus 2024.
  • Tes Kesehatan Tahap II: Agustus 2024.
  • Tes Kesemaptaan dan Pemeriksaan Penampilan: Agustus 2024.
  • Pengumuman hasil kelulusan akhir SPCP IPDN: Agustus 2024.
  • Registrasi Calon Praja: Agustus 2024.


Persyaratan pendaftaran IPDN 2024


Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Januari 2024; dan
  3. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.


Persyaratan Administrasi:

  1. Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) atau lulusan Paket C, bagi lulusan Tahun 2021 – 2024, dengan ketentuan:
  • Nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah; dan
  • Nilai Rata-rata Ijazah bagi Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah.
  1. Bagi yang memperoleh ijazah dari sekolah di luar negeri harus mendapat pengesahan berupa surat pernyataan/persamaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi;
  2. Berdomisili minimal 1 (satu) tahun di Kabupaten/Kota pada Provinsi tempat mendaftar secara sah terhitung pada tanggal awal pendaftaran yang dibuktikan dengan KTP-el, Kartu Keluarga dan Surat Pindah (bagi yang pindah tempat tinggal) serta dokumen lain yang berhubungan dengan domisili, dikecualikan bagi orang tua (Bapak/Ibu Kandung) peserta yang lahir di tempat pendaftaran dibuktikan dengan akta kelahiran orang tua dan/atau surat penempatan pindah tugas orang tua dari instansi masing-masing. Apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa keterangan akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku;
  3. Surat Keterangan Lulus SMA/MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang dan dicap/distempel basah, bagi siswa SMA/MA lulusan Tahun 2024 untuk dokumen awal persyaratan pendaftaran;
  4. Surat Pernyataan bersedia menandatangani dan mengikuti Perjanjian Ikatan Dinas Lulusan IPDN di lingkungan Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) serta mengetahui orang tua/wali;
  5.  Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP ditandatangani oleh Ketua atau Anggota Majelis Rakyat Papua berdasarkan keanggotaan yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku dan diketahui oleh Kepala Distrik pada Kabupaten/Kota pendaftaran, yang dibuktikan dengan cap/stempel basah;
  6.  Pakta Integritas Tahun 2024;
  7. Alamat e-mail yang aktif; dan
  8. Pasfoto berwarna ukuran foto 4x6 cm dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.


Persyaratan Lain-lain:

  1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  2. Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;
  3. Tidak bertato;
  4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
  5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
  6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus, maka pendaftar:
  • tidak diperkenankan mengundurkan diri;
  • sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan;
  • bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • bersedia ditempatkan di seluruh kampus IPDN pada saat proses pendidikan;
  • bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN; dan
  • bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN apabila melakukan Pelanggaran Disiplin Praja sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja.


Cara pendaftaran IPDN 2024

  1. Akses portal resmi sekolah kedinasan IPDN di https://dikdin.bkn.go.id/.
  2. Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan memasukkan NIK yang telah tervalidasi oleh DISDUKCAPIL dan cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Login ke SSCASN menggunakan NIK dan password yang telah dibuat.
  4. Lakukan pendaftaran dengan mengunggah swafoto, memilih sekolah, melengkapi nilai, mengunggah berkas, dan melengkapi biodata.
  5. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran.
  6. Instansi akan memverifikasi data peserta.
  7. Cek status kelulusan dengan login ke SSCASN.
  8. Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing untuk pembayaran.
  9. Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan.
  10. Pelamar yang lulus harus mengikuti ujian seleksi.
  11. Pengumuman hasil ujian seleksi akan diumumkan oleh panitia di situs SSCASN.


Ohiya, untuk kamu yang mau persiapan masuk ke SEKOLAH KEDINASAN 2025, yuk belajar bareng bersama ECODU, cukup bayar mulai dari Rp. 429 ribu, kamu sudah dapat bimbel dengan fasilitas seperti video materi, try out, latihan via google classroom, live sharing session, mastery program, dan akses tanya pengajar.

Buat kamu yang berminat mendaftar atau butuh info lebih lanjut, langsung aja hubungin ke sini yaa https://bit.ly/ig-daftar-ecodu-kedinasan